Cabai Terpedas


1. Carolina Reaper (1,500,000-2,200,000 SHU)

Carolina Reaper


Sesuai namanya, cabai ini berasal dari Carolina, tepatnya Rockhill, South Carolina. Pertama kali dikembangkan oleh Ed Currie, pemilik perusahaan PuckerButt Pepper Company. Cabai ini masuk kedalam Guinness World Records sebagai cabai terpedas sedunia akhirat sejat 7 Agustus 2013. Yang membuat cabai ini tidak masuk akal pedasnya karena rupanya cabai ini merupakan persilangan cabai Red Habanero dan cabai Ghost Pepper alias Bhut Jolokia. Menurut penelitian, cabai ini memiliki tingkat kepedasan rata-rata 1,569,300 SHU sampai dengan 2,200,000 SHU. 


2. Trinidad Moruga Scorpion (1,200,000-2,200,000 SHU) 

Trinidad Moruga Scorpion


Cabai ini adalah cabai asli dari daerah Moruga, Trinidad and Tobago. Universitas New Mexico State pada 2012 meneliti bahwa cabai ini adalah cabai terpedas di dunia saat itu, dengan 'rating 1.2 juta SHU sampai lebih dari 2 juta SHU. Namun saat ini, klasemen cabai terpedas di dunia sudah digantikan oleh Carolina Reaper. 


3. 7 Pot Douglah (hingga 1,853,936 SHU) 

7 Pot Douglah


7 Pot Douglah atau dikenal juga sebagai Chocolate 7 Pot adalah cabai terpedas ketiga di dunia saat ini. Cabai ini memiliki karakteristik berwarna coklat gelap atau ungu gelap dengan permukaan kulit yang terlihat kasar. Warnanya dan teksturnya agak aneh memang, tidak seperti pada lazimnya cabai. Namun pada saat belum matang, cabai ini berwarna hijau layaknya sebuah cabai. Selain itu yang menjadi keunikan cabai ini adalah saat kamu 'membedah' bagian dalamnya, sebuah cairan ekstrak kapsaisin akan langsung keluar dari dalam cabai ini. Nah cairan itulah yang membuat cabai ini memiliki rasa pedas yang 'stres' banget! 


4. 7 Pot Primo (hingga 1,469,000 SHU) 

7 Pot Primo


Masih dari keluarga 7 Pot, kali ini giliran 7 Pot Primo. Dari segi fisik, cabai ini memiliki ciri khas berupa ekor yang sangat kurus. Namun beberapa petani banyak yang ingin merubah bentuk ekor cabai ini karena terlihat aneh. Dengan bentuk yang demikian, cabai ini semakin terlihat 'jahat'. Jenis 7 Pot Primo dibuat oleh Troy Primeaux, seorang ahli perkebunan. Dibanding dengan cabai lainnya, bibit 7 Pot Primo tergolong sulit untuk didapat karena jarang. 


5. Trinidad Scorpion "Butch T" (500,000 - 1,463,700 SHU) 



Sepertinya Trinidad and Tobago memang penghasil cabai-cabai super di dunia ya? Trinidad Scorpion "Butch T" adalah cabai terpedas yang masuk Guiness World Record pada 2011. Sesuai namanya, Butch T dikembangkan oleh Butch Taylor, pemilik perkebunan Zydeco di Woodville, Mississippi. Untuk urusan pedas, tentunya cabai ini tidak bisa diragukan lagi. Menariknya lagi adalah, cabai ini dinamakan "Scorpion" karena bentuknya mirip dengan ekor kalajengking. Hiiih! 


6. Naga Viper (1,382,118 SHU) 

Trinidad Scorpion


Ngeeri banget! Naga Viper merupakan perkawinan dari cabai Naga Morich, cabai Bhut Jolokia dan Trinidad Scorpion. Cabai hibrida ini disilangkan oleh petani cabai Inggris bernama Gerald Fowler dari The Chilli Pepper Company. Meskipun hasil persilangan yang memiliki karakter mirip 'orang-tua'nya, namun karakter cabai ini dikatakan 'unstable' atau tidak stabil. 


7. Bhut Jolokia / Ghost Pepper (855,000 - 1,041,427 SHU) 

Bhut Jolokia


Meskipun tidak berada di peringkat 1 dunia, Bhut Jolokia alias Ghost Pepper terbilang sangat terkenal macam artis! Salah satu sebabnya adalah 'exposure'media pada cabai ini sangat besar. Contoh saja, kamu dapat dengan mudah menemukan video 'Ghost Peppers challenge' di YouTube atau website lainnya. Bhut Jolokia merupakan cabai pertama di dunia yang memiliki kadar kapsaisin diatas 1 juta scoville. Hingga sekarang, masih banyak orang yang salah kaprah dengan meyakini bahwa Bhut Jolokia adalah cabai terpedas di dunia. Namun namanya cabai, apalagi masuk list cabai terpedas ya jangan main-main deh dengan 'Cabai Hantu' ini. Ibaratnya, orang dewasa 'ngunyah' cabai ini juga bisa K.O. FYI, cabai ini 400 kali lipat lebih pedas daripada saus tabasco! 


8. 7 Pot Barrackpore (hingga 1,000,000 SHU) 

7 Pot Barrackpore


Lagi-lagi 7 Pot dan berasa dari Trinidad and Tobago, tepatnya dari kota Chaguanas. Ternyata, kota ini memang rumah bagi beberapa jenis cabai 'super hot'. Sayang sekali, agak susah mencari detail dari cabai jenis ini. Yang pasti, 7 Pot Barrackpore adalah cabai yang sangat baik untuk diproduksi sebagai saus atau cabai bubuk karena memili rasa yang baik dan pedas yang tidak cepat hilang. 


9. 7 Pot Red Giant (hingga 1,000,000 SHU) 

7 Pot Red Giant


Okay, 7 pot again all over the list! Cabai ini merupakan varian asli dari segala jenis 7 Pot, hanya saja ukurannya besar. Cabai ini juga dinamakan demikian karena dapat memberikan rasa pedas untuk 7 panci masakan rebusan. How about that blanjaHolic? 


10. Red Savina Habanero (248,556 - 500,000 SHU) 

Red Savina Habanero


Red Savina Habanero sebenarnya adalah cabai Habanero biasa, namun memiliki bentuk yang lebih besar dan berat dan rasa yang agak lebih pedas. Cabai ini dikembangkan oleh Frank Garcia di Walnut, California. Dulunya, cabai ini merupakan cabai paling peda
http://www.caramakan.com/2015/10/10-cabai-terpedas-di-dunia.html?m=1Sumber: 

0 Response to "Cabai Terpedas"

Posting Komentar

Entri Populer